Arti Not at Home JNE

Arti Not at Home JNE – Guys, pernah ga sih kalian bingung dengan status tracking paket suatu jasa ekspedisi? Bingung kan ya? Terlebih status tracking ini berupa kode-kode atau istilah dalam bahasa Inggris. Sedangkan kita sebagai konsumen tidak begitu paham akan kode-kode tracking tersebut. Juga banyak orang Indonesia yang kurang paham akan bahasa Inggris membuat banyak orang tidak paham akan istilah tracking suatu jasa ekspedisi.

Tapi sebenarnya penting ga sih memahami hal seperti ini? Penting guys, terutama kamu yang berperan sebagai seller olshop, kode-kode atau istilah tracking paket harus paham agar kamu tahu status paket kamu itu sudah sampai tahap apa.

Jika kamu bingung, pas banget nih guys kamu temukan artikel ini. Di sini aku bakal jelaskan arti status tracking salah satu jasa ekspedisi yakni JNE!

Aku bakal jelasin khususnya untuk status tracking Not at Home JNE, karena status ini cukup sering ditanyakan oleh orang-orang.

Jika kamu sedang mengalami hal yang sama, ataupun kamu sedan mencari Informasi seputar masalah pengiriman paket, disimak ya!

Apa Arti Not at Home JNE?

Buat kamu yang sedang melakukan pengiriman barang atau sedang menunggu barang yang datang mungkin sering ya mengecek statis tracking barang kamu.

Statusnya tracking ini bisa kamu cek di web resmi jasa ekspedisi yang kamu pakai guys, dalam hal ini JNE ya. Kamu bisa tracking paket kamu dengan menggunakan nomor resi yang kamu dapatkan seusai mengirimkan barang.

Sering bingung kan ya dengan kode-kode atau istilah yang digunakan pihak ekspedisi untuk memberitahu kita mengenai status paket.

Kalau kamu sedang menggunakan jasa ekspedisi JNE pernah gak mendapati kode NTH pada status tracking kamu? Atau malah sekarang kamu sedang mengalami hal ini? Dan kemudian kamu bertanya-tanya, apa sih maksudnya? Oke guys aku jelaskan ya.

Jadi kalau mendapati status trackingan kamu berubah menjadi NTH itu artinya Not at Home.  Not at Home atau tidak ada di rumah.

Status ini akan kamu dapati ketika kuris JNE sudah mengantarkan paket kamu tapi, kemudian tidak ada orang yang menerimanya.

Hal ini terjadi mungkin saat kamu dan orang rumah semua saat kurir JNE datang. Jika tidak ada orang di rumah dan paket tidak ada yang menerima,

maka kurir akan membawanya kembali ke gudang tempat ia mengambil barang atau bisa juga dibawa kurir untuk diantarkan besoknya.

Maka dari itu guys, kamu harus rajin-rajin cek status trackingan kamu agar kamu tahu perkiraan barang kamu datang.

Hal ini untuk meminimalisasi kejadian seperti ini guys. Kalau begini kamu sendiri yang repot, terlebih jika paket kamu itu penting dan paket yang urgent.

Lalu bagaimana mengatasi status paket jika mengalami NTH atau Not at Home ini? Berikut aku jelaskan ya!

Baca Juga: Arti Shipment Forwarded to Destination JNE

Cara Mengatasi Masalah Status Paket NTH

Oke guys jika mengalami hal ini pasti kamu mencari-cari jalan keluarnya. Langkah apa yang harus kamu lakukan agar paket kamu kembali dikirimkan ke rumah? Berikut aku kasih dua tips yang bisa kamu lakukan ya guys.

1. Hubungi Pihak JNE

Yang pertama dan utama, jika kamu mengalami hal seperti ini kamu tanyakan pada pihak JNE. Kamu bisa menghubungi mereka melalui telepon, sosial media, ataupun email.

Kamu bisa meminta tolong mereka untuk melakukan follow up agar melakukan pengiriman kembali paket kamu yang tertunda diterima. Aku sarankan, kamu menghubungi pihak JNE melalui telepon ya guys, karena biasanya akan lebih cepat.

2. Datang Ke Agen JNE

Cara yang kedua, jika laporan kamu tidak kunjung ditangani oleh pihak JNE kamu bisa langsung ke kantor atau agen JNE tempat paket kamu terakhir transit ya guys. Kamu bisa melapor masalah kamu dan kamu juga bisa langsung mengambil paket milik kamu ya guys!

Itu ya guys ulasan aku mengenai arti Not at Home JNE dan cara mengatasinya. Selanjutnya aku bakal kasih tahu kamu mengenai beberapa arti tracking JNE. Disimak ya!

Baca Juga: Arti Received at Warehouse JNE

Arti Tracking atau Shipment JNE

1. AU (Antar Ulang)

Pernah mendapati status tracking seperti ini? Kamu paham gak artinya. Jadi guys misal kamu mendapati status ini, artinya paket kamu sedang berada dalam posisi antar ulang. Antar ulang ini bisa terjadi karena hari sebelumnya kurir belum sempat mengirimkan paketnya ke kamu.

2. BA (Bad Address)

BA atau Bad address akan kamu temui dalam status tracking paket kamu dikarenakan alamat yang tertera salah atau tidak jelas.

Biasanya kesalahan ini dikarenakan salah tulis rt, rw, gang, nomor, rumah, dan berbagai informasi tentang alamat lainnya.

3. MR (Missroute)

MR atau Misroute ini, merupakan status paket ketika paket kamu mengalami yang namanya salah jalur kirim. Untuk maslaah ini, pure kelalaian dari pihak JNE.

Kenapa bisa terjadi? Mungkin pada saat proses penyortiran paket kamu salah masuk kelompok penyortiran ke lain tempat.

4. CC (Criss Cross)

CC atau Criss Cross ini bisa dikatakan hampir mirip dengan MR ya guys. Bedanya CC ini paket kamu tertukar dengan paket lain.

Ini juga merupakan murni kesalahan dari pihak JNE. Jika kamu mengalami hal ini, kamu harus cepat menghubungi pihak JNE nih guys, biar segera ditindaklanjuti.

5. HVS (High Value Shipment)

HVS atau high value Shipment ya guys bukan kertas. Status tracking ini akan diberikan ketika paket kamu merupakan barang yang sangat berharga dan bernilai tinggi.

6. HO/ Hand Over

HO atau hand over ini merupakan status tracking yang muncul ketika paket kamu mengalami pindah tangan dalam proses pengantaran guys. Tapi tenang, pihak yang dimintai tolong untuk mengantarkan paket kamu tetap pihak JNE kok.

7. LBA (Luat Batas Antar)

Luar Batas Antar ini merupakan status paket yang akan muncul ketika lokasi tujuan yang tertera di paket merupakan lokasi yang berada di luar jangkauan pihak JNE.

Biasanya ini terjadi di wilayah yang cukup terpencil. Kalau kamu mengalami hal ini, kamu harus segera menghubungi pihak JNE ya untuk pengambilan paket secara langsung di agen.

8. FW (Forward)

Pernah mendapati status tracking ini? Kalau iya paham gak apa artinya. Oke guya kalau kamu mendapati status seperti ini artinya  paket kamu sedang dalam proses diteruskan ke agen JNE yang ada di kota tujuan paket tersebut.

9. RD ( Redelivery)

Status tracking yang satu ini, mirip dengan AU ya guys. Jadi sini statusnya paket kamu telah dikirim ulang oleh pihak kurir karena di hari sebelumnya, sang kurir tidak menjumpai siapapun di rumah untuk menerima paket kamu.

Nah itu ya guys beberapa keterangan status tracking milik JNE.

Demikian ulasan aku tentang arti Not at Home dan arti status tracking yang lain, semoga bermanfaat!

Leave a Comment