Arti SOC Gateway

Arti SOC Gateway – Di zaman serba cepat ini, trend belanja online semakin hari semakin meningkat. Toko online pun semakin menjamur. Kepraktisan dan kemudahan berbelanja yang ditawarkan oleh setiap marketplace membuat masyarakat kita semakin gemar berbelanja online. Belum lagi penawaran diskon yang diberikan di setiap toko online, sudah pasti semakin membuat orang menyukai tipe belanja ini dibanding belanja secara off line.

Banyaknya permintaan pengiriman barang dari berbagai macam toko online itu, membuat jasa kirim barang pun semakin meningkat permintaan trackingnya. Sebut saja salah satu jasa ekspedisi J&T.

Bagi kamu yang sering menggunakan J&T sebagai jasa kirim yang kamu percayai untuk mengirim paket kamu, pernah gak kamu melihat ada kode-kode khusus yang tertera di paket atau status pengiriman kamu, seperti SRG Gateway, CLP Gateway, SOC Gateway? Kalian bisa Cek Resi Disini!

Atau kamu pernah gak mendapati paket tertahan di SOC Gateway? Pasti kamu penasaran ‘kan kenapa paket kamu terhenti di sana bahkan dalam waktu yang cukup lama. Lalu apa sih arti SOC Gateway dalam pengiriman J&T itu?

Baiklah guys, kalau kamu penasaran kenapa paket kamu terhenti di SOC Gateway dan apa aitu SOC Gateway? Aku bakal kasih penjelasannya di artikel ini nanti.

Gak Cuma itu, buat kamu yang memiliki keluhan paket terhenti di SOC Gateway cukup lama, aku bakal kasih informasi no.telp SOC Gateway J&T di bawah nanti.

So, buat kamu yang ingin paham apa itu SOC Gateway dan kenapa paket sering tertunda di sana cukup lama, kamu bisa nih guy, Untuk info seputar Ekspedisi kalian bisa pergi laman Informasi guys.

Apa Itu SOC Gateway?

Apa yang kamu lakukan ketika sedang berkirim paket atau sedang menunggu barang pesananmu datang? Pastinya cek status tracking barang kamu menggunakan nomor resi kan, agar mengetahui posisi paket kamu sudah sampai mana dan memperkirakan kapan barang itu akan sampai rumah.

Mungkin buat kamu yang sering menggunakan jasa pengiriman barang atau jasa ekspedisi atau jasa cargo J&T, pasti pernah mendapati status barang milik kamu terhenti di SOC Gateway. Bahkan, terhenti di sana dengan waktu cukup lama.

Sebenarnya ada apa dengan paket kita? kenapa harus terhenti di sana? Oke guys aku bakal jelasin nih apa itu SOC Gateway.

SOC Gateway merupakan gabungan dari dua kata, SOC dan Gateway. SOC itu sendiri merupakan kode IATA (Internation Air Transport Association) bandara Adi Sumarmo International Airport yang berada di Boyolali dekat kota Surakarta atau Solo.

Sedangkan Gateway merupakan gudang penyimpanan atau juga bisa diartikan sebagai tempat transit barang atau paket atau cargo sebelum barang atau paket itu didistribusikan ke kantor-kantor cabang kota yang tertera di paket. Nah, di gateway ini biasanya barang atau paket disortir.

Jadi, SOC Gateway ini bisa diartikan sebagai tempat transit barang atau paket yang berpusat di kantor yang berada di Surakarta, Jawa Tengah. Jangan sampai keliru ya guys, SCO itu merupakan kode IATA Bandara Adi Sumarmo, sedang kode untuk kota Surakarta sendiri SKT.

Meskipun gateway ini berstatus sebagai gudang penyimpanan atau tempat transit paket, kamu tidak bisa begitu saja mengambil paket kamu di gudang penyortiran ini guys. Karena, paket atau barang kamu ini perlu disortir dulu, didata, kemudian baru disalurkan ke kantor-kantor cabang J&T yang dekat dengan alamat dalam paket tersebut.

Bagaimana? Sudah pahamkan apa itu SOC Gateway? Selanjutnya, aku bakal kasih tahu kamu nih beberapa alasan kenapa paket atau barang kamu sering tertahan gudang pusat ini.

Tertahannya peket kamu di sana itu untuk disortir guys. Jadi, apa tujuannya dilakukan penyortiran? So, jangan diskip ya! Berikut penjelasannya!

Baca Juga: Cara Cek Resi Seng Hong

Tujuan Dilakukan Penyortiran Barang Di Gateway

Jadi, barang kamu tertahan itu ada sebabnya guys, yakni untuk disortir. Kenapa harus disortir? Alasannya ada di bawah sini, disimak ya!

1. Untuk Mempercepat Pengiriman Barang

Tujuan pertama barang atau paket disortir di gudang pusat kota ini untuk membuat paket-paket yang tertampung agar bisa dengan cepat dikirim ke alat tujuan.

Di gateway ini nantinya, paket akan dikelompokkan sesuai dengan lokasi tujuan paket. Jadi, jelas ya guys tujuan penyortiran ini.

Kalau tidak ada proses sortir, bisa dibayangkan bagaimana lamanya barang akan sampai karena alamat yang tidak searah.

2. Untuk Membuat Alur Proses Pengiriman Lebih Teratur

Tujuan penyortiran selanjutnya adalah agar alur pengiriman barang lebih teratur guys. Barang yang tertampung di gateway ini jumlahnya tidak sedikit tujuannya pun berbeda-beda.

Jadi, jika tidak dilakukan penyortiran terlebih dahulu proses pengiriman pun sudah dapat dipastikan tidak akan berjalan dengan teratur dan pasti akan membuat pengiriman juga terhambat.

3. Agar Paket Tidak Tertinggal

Sudah aku katakan ya guys, kalau gateway ini menerima banyak sekali barang untuk didistribusikan nantinya ke kantor-kantor cabang.

Dari banyaknya paket tersebut, setiap paket sudah memiliki tanggalnya masing-masing untuk dikirim. Selanjutnya, paket dengan tanggal kirim yang sama dikelompokkan menjadi satu.

Nah, dengan mengumpulkan paket berdasar tanggal kirim yang sama ini, memiliki tujuan agar barang tidak tertinggal guys. Jadi, paket bisa dengan serempak dikirim tanggal itu juga.

4. Agar Rangkaian Pengiriman Barang Terorganisasi

Demi kelancaran pengiriman paket, penyortiran ini juga memiliki tujuan agar semua proses terorganisasi dengan baik.

Banyaknya paket yang ditracking, penyortiran ini menjadi sangat penting, agar rangkaian pengiriman paket bisa terlaksana sebaik mungkin dan supaya sampai ke tangan konsumen dengan kondisi aman tanpa cacat barang sedikitpun.

Baca Juga: Wifi Master Key

Apa Penyebab Barang Terhenti dan Tertahan Lama Di SOC Gateway?

Pernah heran gak kenapa barang atau paket kamu terhenti atau tertahan lama di SOC Gateway? Selain karena adanya proses penyortiran, ada beberapa hal lain yang bisa menjadi penyebab paket kamu tertahan nih guys. Tapi gak perlu risau, itu masih hal wajar kok selama paket kamu tidak terlalu lama terhenti di sana. Lalu, apa saja sih penyebabnya? Berikut uraiannya ya guys.

1. Kelebihan Kapasitas Daya Tampung

Kelebihan kapasitas daya tampung atau overload merupakan keadaan di mana operator tidak lagi mampu mengolah barang yang masuk karena terlalu banyak. Hal ini biasanya terjadi pada saat hari besar atau harbolnas.

Untuk saat ini, mungkin penyebab utama gudang overload adalah harbolnas ya guys atau hari belanja nasional. karena di hari tersebut biasanya banyak diskon yang diberikan oleh toko-toko online.

Diskon-diskon inilah yang membuat tingkat daya beli semakin tinggi sehingga bisa membuat jasa kirim kewelahan untuk menyortir barang saking banyaknya.

2. Barang Terlewat atau Tertinggal

Penyebab kedua ini masih ada kaitannya dengan penyebab pertama ya guys. Banyaknya barang yang masuk membuat penyortiran juga kewelahan hingga mengakibatkan barang tercecer dari rombongan.

Selain itu, tertinggalnya barang bisa juga dikarenakan karena kelalaian petugas. Tidak perlu khawatir, barang kamu tidak akan hilang, hanya saja kedatangannya sedikit terlambat.

3. Banyak Petugas yang Tidak Masuk

Penyebab selanjutnya adalah penyebab yang bisa ditoleransi ya guys. Karena ini berhubungan dengan SDM J&T, mungkin saja pihak J&T sedang kekurangan petugas karena mereka ada yang sakit atau sedang cuti atau bahkan resign.

Gimana? Jadi, itu penyebabnya guys kenapa barang kamu lama tertahan di SOC gateway. Tapi gak usah khawatir ya, barang kamu tidak akan hilang. Tapi jika sudah terlalu lama mengendap di sana, bisa komplain dengan menghubungi pihak J&T langsung. Kamu bisa menghubungi mereka di beberapa kontak berikut:

  • Alamat SOC Gateway J&T: Plalangan, Klodran, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57172
  • tlp SOC Gateway J&T: 0812-1578-1920
  • Instagram: @jntexpressid
  • Twitter: @jntespressid

Itu ya guys ulasan aku tentang SOC Gateway, semoga bermanfaat!

Leave a Comment