Fenomena Era Disrupsi dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. M. Mudlofar Universitas Qomaruddin Gresik. DOI: https://doi.org/10.52166/tasyri.v29i01.156. Keywords: Fenomena Era Disrupsi, Pendidikan Agama Islam. Abstract. Kemunculan era disrupsi dalam dunia pendidikan ternyata berjalan beriringan dengan maraknya teknologi informasi dan komunikasi.
Fenomena Era Disrupsi dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam . M. Mudlofar Universitas Qomaruddin Gresik. Email: basunimudlofar@gmail.com . Abstrak. Kemunculan era disrupsi...
May 25, 2022 Fenomena Era Disrupsi dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. May 2022. Tasyri` Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah 29 (01):11-20. DOI: 10.52166/tasyri.v29i01.156. License. CC BY...
Fenomena Era Disrupsi dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Mudlofar M. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah (2022) 29 (01) 11-20. DOI: 10.52166/tasyri.v29i01.156. Readers. Add to library. View PDF. Abstract. Kemunculan era disrupsi dalam dunia pendidikan ternyata berjalan beriringan dengan maraknya teknologi informasi dan komunikasi.
Sebagai salah satu elemen penting Islam, Pendidikan Islam dituntut untuk mampu bertransformasi dan beradaptasi dengan era disrupsi seperti perubahan gaya belajar-mengajar, literasi digital, paradigma berfikir, perilaku pendidik maupun peserta didik hingga manajemen lembaga yang inovatif, liniear dengan dimensi-dimensi teknologi-digital yang teng...
May 25, 2022 Fenomena Era Disrupsi dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. M. Mudlofar. Published in Tasyri` 25 May 2022. Kemunculan era disrupsi dalam dunia pendidikan ternyata berjalan beriringan dengan maraknya teknologi informasi dan komunikasi. Untuk itu, keberadaan teknologi ini tidak bisa diabaikan begitu saja.
Dunia pendidikan agama Islam perlu pula melakukan inovasi pembelajarannya. Inovasi itu lebih terfokus pada model pembelajaran yang dapat menyesuaikan dengan kemajuan teknologi yang terjadi. Optimalisasi peran pembelajar, dengan demikian, mutlak diperlukan, utamanya dalam dua hal.
Aug 16, 2022 Pendidikan agama Islam di era disrupsi beserta dampaknya di Indonesia menjadi kajian menarik saat ini. Adanya pergeseran paradigma belajar dengan online learning serta munculnya...
May 28, 2023 Problematika Pendidikan Agama Islam di Era Disrupsi perspektif Epistemologi. Amatillah Thaha. Published in Jurnal Pendidikan Agama Islam 28 May 2023. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Problematika Pendidikan Agama Islam Perspektif Epistemologi.
Dec 10, 2018 Kecenderungan Pergeseran Pendidikan Agama Islam di Indonesia Pada Era Disrupsi. December 2018. TADRIS Jurnal Pendidikan Islam 13 (2) DOI: 10.19105/tjpi.v13i2.1752. License. CC...
PARADIGMA BERPIKIR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DISRUPSI. Mirza Mahbub Wijaya Universitas Islam Negeri Walisongo . Email: dewalast79@yahoo.com. Abstract. This paper discusses the paradigm of thinking of PAI teachers in the era of disruption. Science as the main capital that must be held by a teacher.
Berdasarkan penjelasan di atas, pendidikan Islam di era disrupsi 4.0 dapat digambarkan seperti pada bagan. Berdasarkan bagan di atas, perubahan sistem pendidikan Islam di era disrupsi berawal dari Generasi Z yang bergantung pada teknologi hingga memiliki karakter yang ekspresif dan mudah berubah pikiran.
Rahman, Abdul. Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam-Tinjauan Epistemologi dan Isi-Materi."[ Jurnal Eksis 2012] 8.1. Ridla, Muhammad Jawwad. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam; perspektif sosiologis-filosofis. Yogyakarta, Tiara Wacana Yogya. 2002 Setiawan, Wawan. Era Digital dan Tantangannya.1-9. 2017 Suyatno, Sutrisno.
Pendidikan Islam di Era Disrupsi. Dimas Indianto S, Nurfuadi Nurfuadi, Intan Nur Azizah. Abstract. Era disrupsi ditandai dengan kehidupan yang serba digitalisme, dan pola pikir yang digunakan serba instan. Masyarakat mengedepankan materialisme dalam hidupnya, banyaknya persaingan bisnis, dan lain sebagainya.
metode library research ini memaparkan urgensi pendidikan agama Islam di era disrupsi. Agama yang dibutuhkan di era disrupsi ini adalah agama yang tidak hanya mengandalkan argumentasinya pada dalil-dalil yang terdapat di dalam Al-Quran dan Al-Hadits yang bersifat ideal, melainkan juga harus
May 28, 2023 Problematika Pendidikan Agama Islam di Era Disrupsi perspektif Epistemologi. May 2023. Ar Rusyd Jurnal Pendidikan Agama Islam 2 (1):70-87. DOI: 10.61094/arrusyd.2830-2281.58....
May 28, 2023 Problematika Pendidikan Agama Islam di Era Disrupsi perspektif Epistemologi. Amatillah Thaha Mahasiswa. DOI: https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.58. Kata Kunci: Era Disrupsi, Problematika Pendidikan, Pendidikan Agama Islam. Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Problematika Pendidikan Agama Islam Perspektif Epistemologi.
Abstract. Era disrupsi ditandai dengan perkembangan digital yang begitu pesatmenuntut para pengiat pendidikan Islam untuk lebih kreatif danmenghadirkan cara dan paradigma baru. Pada era disrupsi ini banyakperubahan yang begitu cepat terjadi, yang paling menonjol lebihdominannya akses media social ataupun teknologi informasi.
Era disrupsi ditandai dengan perkembangan digital yang begitu pesat menuntut para pengiat pendidikan Islam untuk lebih kreatif dan menghadirkan cara dan paradigma baru. Pada era disrupsi ini banyak perubahan yang begitu cepat terjadi, yang paling menonjol lebih dominannya akses media social ataupun teknologi informasi.
Jun 6, 2019 Tulisan ini menegaskan bahwa globalisasi dan era disrupsi bisa didialogkan kembali dengan masyarakat Islam masa kini tanpa meredupkan nilai-nilai keislaman yang telah ada.
Pendidikan Islam sangat strategis dalam menyiapkan manusia seutuhnya yang memiliki akhlak dan budi pekerti mulia dan selalu mengabdi kepada Allah serta memberi kebermanfaatan kepada sesama. Pendidikan Islam dituntut agar tetap berperan dan memberi kontribusi lebih banyak dalam era disrupsi dan situasi perubahan yang sangat
Apr 4, 2022 Adanya era disrupsi mampu mempengaruhi pendidikan, di awali denganmunculnya salah satu gudangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.
Feb 1, 2019 Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian di Era Disrupsi. February 2019. Tribakti Jurnal Pemikiran Keislaman 30 (1):148-165. DOI: 10.33367/tribakti.v30i1.666....
8 hours ago Dengan the systematic action research models, maka pendidikan islam islam akan mampu mewujudkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan sosial masyarakat sebagai mana dengan tujuan era society 5.0. Dengan menerapkan Systematic Action Research Models, pendidikan Islam dapat menjadi agen perubahan yang membentuk generasi yang tidak hanya kuat ...